Dialogku dengan Aku Suatu Waktu

Suatu waktu aku berbicara dengan diriku sendiri. Aku menyatakan bahwa hidup adalah perjuangan untuk sekedar membuktikan kalau kita bukan siapa-siapa, kalau kita bukan apa-apa.

“Berapa banyak impian atau sekedar khayalanmu yang kini jadi nyata? Coba bandingkan dengan yang kemudian membubatmu kecewa.”

aku bertanya kepada aku yang satu.

Dia berpikir sambil menyeringitkan alis(entah karena setuju atau malah ingin membantahnya). Cukup lama dia berpikir kemudian menjawab “khayalan sekedar khayalan jelas banyak yang tidak menjadi kenyataan, atau malah tidak ada. Kita membuat khayalan tanpa pernah melihat kemampuan yang kita miliki dan tak pernah juga memikirkan bagaimana mencapainya.” Kemudian dia kembali terdiam tanpa melanjutkan.

Kemudian ku ulang pertanyaan yang belum ia jawab dengan ku tambahkan beberapa penekanan “Kita baru saja mendapat kegagalan yang sungguh menyesakan. Kegagalan dari impian yang pernah sungguh kita yakini. Kita rencanakan dan perjuangkan mimpi itu dengan usaha yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Dari sedikit pengetahuan ku akan sejarah yang ada di muka bumi ini pun hidup memang perjuangan untuk membuktikan kalau kita bukan apa dan siapa. Bagaimana dengan cita-cita manusia untuk hidup dalam kedamaian? Bukankah banyak sekali usaha dan perubahan yang dilakukan namun tak juga tercapai hingga detik ini?”

Dia tersenyum sinis beberapa saat.

Dia menghela nafas kemudian menjawab “Dari awal sebenarnya aku cukup setuju dengan pernyataanmu, karena mungkin kemenangan yang seorang dapatkan hari ini hanyalah penundaan dari kekalahan yang akan ia dapatkan.”

Aku dan aku kembali terdiam. Wajahnya makin terlihat bingung kemudian dengan nada yang terlihat ragu menambahkan “tapi aku juga takut kalau pernyataanmu tadi membuat kita menjadi manusia yang pesimis. Kita masih terlalu muda untuk mengartikan hidup dan terlalu muda untuk tidak lagi bermimpi. Karena bukankah mimpi yang membuat kita ingin tetap hidup?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s